MANADO - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sulawesi Utara (Kakanwil Kemenkum Sulut), Kurniaman Telaumbanua Bersama para Kepala Divisi dan Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum menghadiri pembukaan pelatihan teknis manajemen kesekretariatan bagi Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum se-Indonesia secara virtual, Senin (25/8).
Kegiatan yang diikuti dari Ruang Rapat Kakanwil tersebut, turut diikuti oleh para Kepala Kantor Wilayah se-Indonesia, para Kepala Biro Sekjen Kemenkum, Widyaiswara hingga para peserta kegiatan yakni Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum.
Kepala Pusat Pengembangan dan Pelatihan Teknis dan Kepemimpinan BPSDM Hukum, Mutia Farida, yang membacakan laporan kegiatan menyatakan bahwa Pelatihan Teknis Manajemen Kesekretariatan bagi Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Lingkungan Kementerian Hukum Tahun Anggaran 2025 pada tanggal 25 Agustus 2025 sampai dengan 9 September 2025.
"Pelatihan teknis manajemen kesekretariatan bagi kepala bagian tata usaha dan umum ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Kabag TUM dalam mengelola fungsi administratif, manajemen kesekretariatan secara strategis, efisien dan berorientasi hasil, menjembatani komunikasi internal maupun eksternal hingga memastikan seluruh dukungan admninistratif berjalan selaras dengan kebijakan pimpinan," papar Mutia.
Kepala BPSDM Hukum, Gusti Ayu Putu Suwardani, yang memberikan sambutan dan membuka kegiatan mengawali arahannya dengan mengucapkan terimakasih kepada para Kepala Kantor Wilayah yang telah mensupport kegiatan pagi ini. Lebih lanjut, Gusti mengatakan bahwa perubahan Kemenkumham menjadi 3 Kementerian berdampak signifikan terutama bagi struktur organisasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum
"Pelaksanaan urusan admninistrasi yang semula menjadi tanggung jawab Kepala Divisi Admnistrasi, saat ini beralih menjadi tanggung jawab Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum dengan level jabatan Administrator," ucap Gusti.
Lebih lanjut, Gusti menyatakan harapannya akan pelatihan ini agar seluruh Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum dapat meningkatkan kapasitas alam pengelolaan administrasi perkantoran modern, penggunaan teknologi informasi dalam kesekretariatan, serta penguatan peran Kabag TU dan Umum sebagai penggerak tertib administrasi dan pelayanan internal dan efektif.
"Ikuti pelatihan ini dengan serius, terbuka dan adaptif, aktif berduskusi, berbagi pengalaman, serta membangun jejaraing yang produktif. Perkuat peran strategis Kabag TU dan Umum sebagai garda depan tata Kelola birokrasi yang professional, efektif dan adaptif terhadap perubahan," tutup Gusti.